'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
INTEGRASI KURIKULUM 2013 DAN AIK, AISYIYAH PERKUAT KEMBALI PENERAPAN SYSTEM PENDIDIKAN TK/PAUD
21 Oktober 2016 09:21 WIB | dibaca 1273

 

“Agenda tersebut dikemas dengan apik dalam suatu bentuk kegiatan Workshop Kurikulum 2013 Integrasi AIK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal yang diselenggarakan pada hari Jumat-Sabtu, 26-27 Agustus 2016 di hotel Ayana, Trawas-Mojokerto dengan jumlah peserta 102 orang dan 9 orang tim panitia”, kata Ida Rindaningsih selaku sekretaris majelis DIKDASMEN daerah Sidoarjo,  saat memberikan laporan dalam pembukaan Workkshop K13. Acara yang terselenggara 2 hari tersebut difokuskan untuk menyusun kebijakan pemberlakuan pedoman K13 integrasi agama islam dan kemuhammadiyaan (AIK) di Kabupaten Sidoarjo dan pemberian motivasi yang bertema “Mensyukuri Profesi” oleh Abdul Basith Bahur, M.Pd selaku Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo serta Sosialisai Tabungan Sehat Bermanfaat oleh Majelis Ekonomi pada hari terakhir.

 

Kurikulum merupakan urat nadi suatu pendidikan pada setiap jenjang. Sadar akan hal itu, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Sidoarjo mempunyai keinginan untuk memberikan layanan yang maksimal dalam pengelolaan pembelajaran dan mengembangkan kurikulum di lingkungan lembaga ‘Aisyiyah. Oleh karena itu, majelis dikdasmen bersama dengan Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) berupaya menyusun pedoman Kurikulum 2013 Integrasi AIK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal yang di gunakan secara terbatas, khusus lembaga TK ‘Aisyiyah kabupaten Sidoarjo.

Pesatnya perkembangan amal usaha di bidang pendidikan pada setiap cabang di Kabupaten Sidoarjo yang meliputi 40 TK dan 29 Kelompok Bermainmembutuhkan suatu pembinaan secara berkelanjutan. Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya penyempurnaan Kurikulum TK yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, khususnya pada kompetensi Al-Islam, Ke Aisyiyahan, dan Ke Muhammadiyahan. Kurikulum tersebut disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan kondisi masyarakat, perubahan kondisi dan kebutuhan dunia, serta kritis terhadap permasalahan yang dihadapi dengan memegang teguh nilai-nilai keagamaan.

Selanjutnya Pimpinan Daerah Aisyyah, berharap penyusunan pedoman Kurikulum 2013 yang telah terintegrasi dengan AIK dapat dilaksanakan dengan baik oleh masing-masing TK yang ada pada masing-masing cabang di Sidoarjo. (f)

Shared Post: